Tempat Wisata di Sumba yang Bikin Betah Tidak Ingin Pulang

Bukit Tanarara Sumba

Image from lindajaya.id

Tempat Wisata di Sumba yang Bikin Betah Tidak Ingin Pulang

Jika Anda sebagai traveller bingung mencari destinasi wisata yang anti mainstream dan juga mayoritas masih perawan tempatnya maka Anda perlu bermain-main menuju tempat wisata di Sumba. Saat ini Sumba yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi pilihan wisata bagi orang-orang yang membutuhkan suasana dan tempat liburan yang baru.

Anda dapat memilih perjalanan via laut maupun udara karena Pulau Sumba memiliki dua bandara yaitu Sumba Timur dengan Bandara yang terletak di Waingapu dan juga Bandara di Sumba Barat Daya yang terletak di Tambolaka.

Anda dapat mulai menabung dari sekarang untuk menikmati liburan berhari-hari hingga sepekan di kepingan surga Indonesia Timur yaitu tempat wisata di Sumba. Namun jika Anda masih belum memiliki gambaran list tempat wisata di Sumba yang ingin Anda kunjungi, berikut ini adalah 8 rekomendasi tempat wisata di Sumba yang cocok untuk membuat liburan Anda semakin berwarna dan beda dari liburan yang lain, yuk simak!

  1. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri yang merupakan salah satu destinasi andalan tempat wisata di Sumba ini sering dijuluki dengan ‘dancing trees’, pasalnya bentuk pohon-pohon yang terdapat di Pantai Walkiri berbentuk unik seperti orang menari. Pantai Walakiri  ini sudah terkenal dengan pasirnya yang berwarna putih dan juga dataran pantainya yang landai.

Pantai Walkiri Sumba
Image from IndonesiaKaya.com

Anda dapat menikmati sunset sembari duduk di tepi pantai melihat matahari tenggelam di antara pohon-pohon tersebut. Jika Anda menyukai band indie ‘Stars and Rabbit’ tentu Anda tak asing lagi dengan tempat yang dijadikan background dalam pembuatan music video dalam lagu Man Upon the Hill tersebut,

  1. Air Terjun Waikelo Sawah

Jika Anda ingin merasakan deburan air berwarna biru yang jatuh dari ketinggian maka Anda perlu berkunjung ke salah satu tempat wisata di Sumba yaitu Air terjun Waikelo Sawah.  Dengan debit air hingga 1.000 liter per detik menjadikan destinasi wisata yang satu ini dulunya adalah bagian dari pembangkit listrik tenaga air yang dikelola pemerintah pada tahun 1976.

Air Terjun Waikelo Sawah
Image From IndonesiaKaya.com

Ketika Anda menginjakkan kaki di Air Terjun Waikelo Sawah Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan goa-goa keren dan juga pemandangan landscape pematang sawah yang hijau. Sehingga tak heran lagi jika tempat ini dikatakan menjadi tempat kesukaan mayoritas orang yang pernah berkunjung ke tempat wisata di Sumba.

Untuk akses menuju Lokasi mudah dijangkau. Anda dapat memulai perjalanan dari Bandara Tambolaka. Lalu Anda dapat melanjutkan dengan perjalanan darat dengan memakan waktu sekitar 40 menit, Anda dapat menyewa mobil per hari nya dengan range harga 800 ribu ke atas ataupun juga dapat menyewa sepeda motor dengan kisaran harga 80 ribu keatas.

Nah ada baiknya juga Anda perlu mengetahui waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Waikelo Sawah. Waktu yang oke untuk Anda berangkat adalah sekitar bulan Februari, Maret dan November.

Karena selain pemandangan yang bagus, Anda dapat menyaksikan tradisi ritual di Sumba yaitu Pasola, yang merupakan kebudayaan adu tombak sembari menunggangi kuda dibarengi sebuah tarian sakral yang disebut Wula Podu.

  1. Desa Adat Ratenggaro

Pulau Sumba yang terkenal dengan ethnic nya ini pasti membuat Anda penasaran dengan kebudayaan asli suku-suku di Pulau Sumba. Tempat wisata di Sumba yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin merasakan liburan sembari explore pengetahuan tentang warisan budaya suku di Indonesia.

Desa Adat Ratenggaro Sumba
Image from IndonesiaKaya.com

Anda wajib berkunjung ke Desa Adat Ratenggaro yang merupakan rumah tradisional warga setempat yang terbuat dari bambu dan memiliki bentuk rumah unik dengan atap yang dibuat setinggi 25 meter. Hal tersebut terkait dengan kepercayaan menghormati roh leluhur yang mereka yakini.

Selain itu Anda dapat menjumpai kuburan batu di setiap perjalanan Anda sepanjang 500 meter sebelum memasuki desa Ratenggaro karena desa ini merupakan tempat wisata di Sumba yang terkenal memiliki batu kubur paling banyak di Pulau Sumba.

Untuk akses menuju lokasi Anda dapat memulai perjalanan dengan tujuan Desa Ratenggaro yang terletak di 50 kilometer barat daya Waitabula dan Anda dapat menuju tempat ini dengan naik bus ke Bondokodi lalu setiba disana Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik ojek.

  1. Pantai Bawana

Pantai Bawana merupakan salh satu destinasi tempat wisata di Sumba yang memiliki bentang alam yang sangat mempesona. Karena selain melihat indahnya hamparan air laut di pantai Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan lengkungan unik pada batu karang yang lumayan besar berdiri kokoh di sekitar pantai.

Pantai Bawana Sumba
Image from sipohonlontar.blogspot.com

Pantai Bawana ini  terletak di Kodi, untuk akses lokasinya Anda dapat naik mobil ataupun sepeda motor dari Bandara Tambolaka karena hanya berjarak sekitar 1 jam perjalanan. Pantai Bawana memiliki pasir dan warna air laut yang indah, jika air laut surut Anda dapat bermain lebih jauh dan barangkali dapat menemui sarang kepiting atau sarang nyale yang dapat Anda jadikan santapan makan malam.

  1. Laguna Weekuri

Hamparan air berwarna biru tosca dan jernih ini mampu membuat Anda tersihir sejenak. Tempat wisata di Sumba yang satu ini terkenal akan keeksotisan alam saat matahari terbenam, air laut berwarna biru akan berubah menjadi keemasan saat terkena paparan sinar matahari yang akan tenggelam.

Laguna Weekuri Sumba
Image from kesiniaja.com

Selain itu hiasan tebing di sekitarnya membuat tempat ini cocok bagi Anda yang sedang ingin memanjakan jiwa karena Anda diperbolehkan berenang di situ. Untuk akses menuju Laguna Weekuri Anda dapat memulai perjalanan via darat dari Bandara Tambolaka dengan menghabiskan waktu kisaran dua jam menuju Laguna Weekuri yang terletak di bagian utara Kodi ini.

  1. Air Terjun Lapopu

Jika Anda pernah melihat salah satu scene di film layar lebar ‘Susah sinyal’ maka tentunya Anda tak begitu asing lagi dengan air terjun yang satu ini. Tempat wisata di Sumba yang satu ini terletak di Kecamatan Wanokaka, Sumba Barat.

Air Terjun Lapopu
Image From kadekarini.com

Untuk akses lokasi Anda perlu jalan kaki menuju hutan dan juga melalui jalan setapak sekitar 200 meter dari tempat parkir kendaraan Anda. Nah waktu yang paling oke untuk berkunjung adalah saat musim kemarau karena Anda akan menjumpai warna air yang kehijauan, beda sata musim penghujan yang membuat warna air menjadi keruh kecoklatan.

  1. Savana Puru Kambera

Jika Anda ingin menenangkan diri dengan menikmati sunset di sebuah padang rumput maka Anda wajib mengunjungi ke salah satu tempat wisata di Sumba yaitu padang rumput/ savana Puru Kambera. Padang rumput  ini semakin spesial karena Anda dapat melihat bentangan laut biru sebagai background padang rumput ini.

Savana Puru Kambera Sumba
Image from Google

Akses menuju lokasi ini dapat Anda mulai dari Bandara Tambolaka menuju Waingapu yang membutuhkan waktu kisaran 1 jam perjalanan. Nah sesampainya di sana Anda akan menemui banyak pengembala lokal di sekitar tempat wisata  dengan kuda yang dinaikinya, ajaklah mereka untuk berswa foto sebagai kenang-kenangan maupun material postingan di Instagram Anda.

  1. Bukit Tanarara

Bukit tanarara adalah salah satu kepingan surga yang memiliki kemiripan dengan grand canyon dengan ditambahi pemandangan bentang alam dari padang rumput hijau. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin memiliki foto sunrise terbaik. Selain itu Anda dapat berkemah di area bukit Tanarara karena Anda akan bisa menyaksikan gugusan bintang di atas kepala Anda pada malam hari, keren bukan?

Bukit Tanarara Sumba
Image from lindajaya.id

Nah di atas adalah 8 destinasi tempat wisata di Sumba yang perlu Anda jadikan bucket list dalam liburan Anda selanjutnya, happy holiday!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Paket ? Chat Kami