Tempat Wisata Di Nusa  Ceningan Yang Tersembunyi Rahasia Para Traveler

Nusa Ceningan Bali Cliff Jump Point

Tempat Wisata Di Nusa  Ceningan Yang Tersembunyi Rahasia Para Traveler

Berbicara tentang tempat wisata di Bali tidak harus selalu Kuta dan Ubud. Masih ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi pada pulau dengan luas mencapai 5.780 kilometer tersebut. Anda masih bisa mencicipi keindahan surga yang tersembunyi di Bali. Tempat tersebut belum terlalu banyak dieksplor oleh wisatawan jadi masih terkesan alami.

Ya, tempat tersebut merupakan salah satu bagian dari kepulauan Nusa Penida di Bali. Nusa Ceningan namanya. Letak Nusa Ceningan ada di sebelah tenggara Bali dan masuk pada daerah administratif Kabupaten Klungkung. Pulau tersebut tergolong masih baru dalam pengelolaan pariwisatanya. Terhitung sekitar 8 tahun yang lalu tempat ini baru berkembang dalam bidang pariwisatanya.

Tempat wisata di Nusa Ceningan sangat menarik untuk dibahas dan bisa Anda jadikan referensi liburan yang eksotis lho! Pulau yang belum begitu terjamah ini perlu Anda kenali pada ulasan berikut ini.

Mengenal Pulau Cantik Nusa Ceningan

Pulau Nusa Ceningan ada di tengah dua pulau lain yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Penida yang menyimpan keindahan dan keeksotisan serupa. Jalur menuju Pulau Nusa Ceningan bisa Anda mulai dari Sanur. Ada beberapa jenis transportasi laut yang bisa Anda pilih seperti boat dengan kapasitas mencapai 60 orang, atau yang lebih ekonomis yaitu Kapal Roro.

Dari Sanur ke Nusa Cenida akan memakan waktu sekitar 45 menit. Dalam perjalanan tersebut Anda akan disuguhi pemandangan cantik dari megahnya Gunung Agung yang bisa menjadi penawar bagi Anda yang sering mengalami mabuk laut.

Wilayah Nusa Ceningan terdiri dari dua wilayah dusun yang sekarang disebut sebagai Banjar Dinas. Dalam pulau yang memiliki luas wilayah sekitar 300 hektar tersebut ada Dusun Ceningan Kawan dan Dusun Ceningan Kangin. Sedangkan Banjar Adat di dalamnya terdiri dari Banjat Adat Parangan Tengah, Ceningan Tengah, Ambentiying, Batumelawang, Anggrek, serta Gili Mekar Nadi.

Beberapa tempat wisata di Nusa Ceningan saat ini mulai dikenal dan sedang hits di kalangan wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing. Meskipun tergolong sebagai pulau kecil, namun di dalamnya terdapat keindahan alam yang sangat cantik. Anda bisa menyaksikan pantai yang berpasir putih serta air laut yang berwarna biru jernih.

Jangan tanya lagi tentang biota laut di kedalaman lautnya, terdapat berbagai jenis terumbu karang yang indah dan satwa laut yang mengagumkan.

Tahu istilah pulau seribu pura sebagai julukan untuk Pulau Bali kan? Nah, hal tersebut menjadi daya tarik tak terkecuali di Pulau Nusa Ceningan ini. Ombak besar di pantai-pantai tempat wisata di Nusa Cenida juga sangat ideal untuk bermain surfing. Selain itu ombaknya yang panjang membuat pantainya menjadi favorit bagi peselancar.

Penasaran apa saja tempat wisata di Nusa Cenida yang menarik untuk dikunjungi? Untuk mengetahui informasinya, silahkan simak ulasannya di bawah ini:

  1. Jembatan Kuning

Disebut sebagai Jembatan Kuning karena memang warnanya kuning loh. Tempat wisata di Nusa Ceningan ini tergolong instagramable. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang menarik dan bisa di share pada akun Instagram Anda.

Jembatan Kuning merupakan penghubung antara Pulau Nusa Ceningan dengan Pulau Lembongan. Selain menjadi akses jalan bagi penduduknya, jembatan ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Jembatan Kuning Bali
Image from Google

Meskipun pernah ditutup pada 16 Oktober 2016 karena roboh dan memakan korban jiwa sebanyak 6 orang, namun sejak Maret 2017, jembatan dengan panjang 138 meter dan lebar 1,8 meter ini telah dibuka kembali.

Uniknya, jembatan ini juga sering dijuluki sebagai jembatan cinta. Hal ini dikarenakan banyak wisatawan yang datang bersama pasangan untuk menikmati keindahan pulau dari Jembatan Kuning ini. Background alam pantai antara Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan ini memang sangat indah dan cocok untuk menikmati romantisme berdua. Selain itu, Jembatan Kuning menjadi ikon bagi tempat wisata di Nusa Ceningan.

Untuk melewati Jembatan Kuning, Anda akan dikenakan tarif 10.000 Rupiah per orang untuk satu kali menyeberang.

  1. Secret Beach

Tempat wisata di Nusa Ceningan ini adalah pantai yang lokasinya tersembunyi. Ya, sesuai dengan namanya yaitu Secret Beach, pantai ini tersembunyi sekitar 2,2 kilometer dari Jembatan Kuning. Bahkan garis pantai Secret Beach hanya memiliki panjang 50 meter saja. Namun, jangan salah, pesona alam pantai ini menyimpan keindahan yang luar biasa.

Secret Beach Bali
Image from Google

Untuk mencapai lokasi Secret beach, Anda cukup belok kanan dari Jembatan Kuning. Sesampai di Le pirate Beach Club tinggal belok kiri ke arah selatan, lalu ambil jalan lurus hingga sampai di Two Reksa Café Ceningan. Setelah itu tinggal ikuti jalurnya dan Anda akan sampai di pantai tersembunyi Secret Beach.

Sesampainya di tempat wisata di Nusa Ceningan ini, Anda akan menemukan sebuah pantai yang diapit tebing dan karang dan terletak di teluk kecil dan sempit. Sepi namun indah. Anda akan merasakan suasana yang eksklusif serasa ada di pantai pribadi. Cukup duduk di tepi pantai dan rasakan sensasinya.

Jika Anda berencana untuk menginap saat berwisata ke Secret Beach, maka tak perlu khawatir. Sebab, ada banyak tempat penginapan yang tersedia. Mulai dari hotel hingga villa dan guesthouse, Anda bisa menyesuaikan jenis penginapan dengan budget. Berbagai café dan resto juga tersedia di kawasan Secret Beach ini.

  1. Blue Lagoon

Tempat wisata di Nusa Ceningan yang selanjutnya adalah Blue Lagoon. Tempat ini terletak di sebelah timur Le Pirate Beach Club. Dari Secret Beach hanya berjarak sekitar 1 kilometer saja.

Blue Lagoon Bali
Image from Google

Lokasi wisata Blue Lagoon sangat menarik, sebab tempatnya ada di teluk yang berbentuk cekungan besar. Warna air lautnya yang biru toscha membuatnya semakin mempesona. Dijamin Anda akan betah berlama-lama menatap keindahan tersebut. Blue Lagoon bukanlah pantai berpasir yang bisa dipakai untuk kegiatan berjemur.

Tempat wisata di Nusa Ceningan ini adalah gugusan tebing berkarang yang memiliki ketinggian 20 meter dan berada di tepi pantai. Hamparan pemandangan lautnya dan buih ombak terlihat jelas dari Blue Lagoon.

  1. Nusa Ceningan Bali Cliff Jump Point

Suka dengan aktivitas yang memacu adrenalin? Nusa Ceningan Bali Cliff Jump Point dijamin akan memuaskan rasa penasaran Anda terhadap aktivitas ekstrim. Di sini Anda bisa melakukan lompat dari tebing atau disebut dengan cliff jump.

Nusa Ceningan Bali Cliff Jump Point
Image from journeyera.com

Lokasi spot ini masih di area Blue Lagoon. Bagi yang menyukai uji nyali wajib untuk pergi ke Cliff Jump Point di Nusa Ceningan. Anda akan diajak untuk meluncur cepat ke lautan dengan kecepatan setara 40 kilometer per jam. Tersedia 3 level ketinggian loncat, yaitu 8, 9, dan 10 meter. Tertantang untuk melakukan jump cliff di sini?

Nah, itu dia beberapa tempat wisata di Nusa Ceningan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berkunjung ke Bali sekali-kali harus mencoba destinasi baru yang belum begitu populer. Anda bisa benar-benar menikmati keindahannya tanpa riuh suara orang ramai. Pilihan yang tepat yaitu di Pulau Nusa Ceningan dengan berbagai tempat wisatanya yang tersembunyi. Dijamin sepulang dari Nusa Ceningan, pikiran Anda menjadi lebih fresh dan siap melanjutkan rutinitas sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *