Surganya Bahari Indonesia yang Ada Di Tempat wisata Di Bunaken Sulawesi

Mandolin Point Bunaken

Image from Google

Surganya Bahari Indonesia yang Ada Di Tempat wisata Di Bunaken Sulawesi

Pasti Anda sudah tidak asing lagi mendengar tentang taman nasional Bunaken yang merupakan tempat wisata di Bunaken Sulawesi yang sangat terkenal akan ragam biota bawah laut yang dimilikinya.

Banyak sekali jenis biota laut yang berwarna warni sekaligus terumbu karang yang membuat pemandangan bawah laut di tempat wisata di Bunaken Sulawesi memukau para wisatawan yang melihatnya sehingga mampu menyedot ketertarikan dari wisatawan lokal hingga mancanegara.

Taman Nasional Bunaken tepatnya terletak di Provinsi Sulawesi Utara, banyak sekali spot di Bunaken yang memiliki keragaman jenis makhluk air yang hidup disana. Untuk informasi tiket masuk pun sangat terjangkau, yaitu Rp. 5.000 untuk tarif lokal dan Rp. 150.000 untuk tarif mancanegara, sedangkan harga untuk snorkling hanya Rp. 150.000 per jamnya, cukup terjangkau dengan dompet Anda kan?

Nah berikut ini adalah beberapa titik yang ada pada tempat wisata di Bunaken Sulawesi yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat mengexplore keindahan Bunaken dengan sepuasnya, yuk simak!

  1. Mandolin

Titik diving yang satu ini dapat menarik wisatawan di tempat wisata di Bunaken Sulawesi karena titik menyelam ini memiliki dinding dan juga beberapa puncak bebatuan dari batu karang yang indah dimana ia terbentuk secara alami. Jika Anda berkunjung ke Bunaken maka Anda perlu mencoba spot diving di Mandolin ini.

Mandolin Point Bunaken
Image from Google

Dinding dan bebatuan karang dijadikan sebagai habitat dari para biota laut, Anda dapat menemukan beberapa jenis ikan diantaranya adalah ikan jenis surgeonfish, bannerfish, atau unicornfish. Mandolin merupakan titik aman untuk Anda menye;am apalagi pemula, Anda juga dapat mendekat dan bermain bersama ikan-ikan yang ada disana, cukup menyenangkan kan?

  1. Bunaken Timor

Anda akan menemukan beragam terumbu karang yang berwarna-warni disini, selain itu Bunaken Timor merupakan salah satu titik menyelam yang terkenal di area tempat wisata di Bunaken Sulawesi ini.

Bunaken Timor
Image from Google

Namun bagi Anda yang masih pemula, meskipun titik menyelam ini tergolong aman Anda harus kembali memikirkannya mengingat arus air di titik ini lumayan kuat dan deras. Banyak sekali ikan besar dan kecil yang bermain dan bersembunyi di balik terumbu karang, selain itu Anda juga bisa menemukan rumput laut loh.

  1. Puncak Barakuda

Jika Anda ingin melihat ikan tuna ataupun ikan jack yang membentuk formasi seperti gambar di atas maka Anda wajib datang ke tempat wisata di Bunaken Sulawesi dan memilih titik menyelam di Puncak Barakuda. Titik menyelam yang satu ini juga terkenal mendunia akan arus air laut yang terbentuk dari posisi yang berada pada perbatasan dan pergantian daerah memasuki terumbu karang dan daerah yang berpasir.

Puncak Barakuda
Image from Google

Untuk lokasi titik Puncak Barakude terletak di bagian bagian barat laut Bunaken. Selain menikmati pemandangan berbagai jenis ikan dari yang kecil hingga besar Anda juga dapat melihat beberapa jenis biota laut seperti karang lunak dan spons di sana.

  1. Siladen

Jika Anda mencari tempat snorkling yang kedalamannya tidak terlalu dalam maka Anda perlu mengunjungi titik Siladen yang ada pada tempat wisata di Bunaken Sulawesi ini. Tempat ini cocok bagi Anda bersnorkling karena terkenal akan keindahan terumbu karang dan juga dinding karang yang lebih halus dari yang lain.

Siladen Bunaken
Image from Booking.com

Dengan kedangkalannya maka Anda dapat mengexplore titik ini dengan aman. Anda juga tetap dapat menikmati pemandangan ikan, banyak jenis ikan yang akan Anda temukan di sana seperti ikan butterflyfish, moorish idol dan masih banyak lagi.

  1. Reruntuhan Kapal di Manado

Di dekat Bunaken juga terdapat sebuah spot andalan bagi para penyelam karena terdapat sebuah reruntuhan  kapal atau bekas kapal tenggelam. Untuk ukuran kapal tergolong sedang yaitu memiliki ukuran sekitar 60 meter di kedalaman kurang lebih 23 meter dari dasar laut.

Reruntuhan Kapal di Manado

Kapal tersebut sejarahnya merupakan kapal Jerman yang tenggelam di Pantai Molas. Para wisatawan dipersilahkan melihat bagian kapal dari luar, Anda dapat melihat bagian-bagian yang masih berbentuk seperti tempat nahkoda dll. Selain itu banyak sekali jenis biota laut yang bersembunyi di sekitar reruntuhan kapal ini.

  1. Muka Gereja

Jika Anda berniat bermain aman dengan tidak menyelam di kedalaman laut yang mengerikan maka Anda cocok untuk memilih titik di Muka gereja yang berada pada tempat wisata di Bunaken Sulawesi ini. Di Muka Gereja terdapat berbagai jenis karang yang unik dan juga beberapa dinding karang yang memiliki goa-goa kecil tempat para biota laut seperti ikan kecil bermain dan bersembunyi.

Muka Gereja Bunaken
Image from indonesiadivedirectory.com

Disana Anda dapat menjumpai berbagai jenis ikan karang salah satunya yaitu anemon. Dan jika Anda beruntung Anda juga dapat melihat  white tip reef shark yang juga beberapa yang berkeliaran pada goa-goa disana.

  1. Tanjung Kopi

Jika Anda memang senang dan sudah berpengalaman dalam olahraga air yaitu diving maka Anda perlu mengeksplorasi secara lebih beberapa titik pada tempat wisata di Bunaken Sulawesi ini. Ada sebuah titik yang terkenal untuk dieksplor lebih dalam yaitu Tanjung Kopi.

Tanjung Kopi
Image from www.indonesia.biz.id

Titik ini cukup dapat menarik minat wisatawan karena terdapat sebuah tembok yang dijadikan habitat favorit dari sweatlip dan juga ikan barakuda. Namun jika Anda menginginkan spot foto yang indah tempat ini kurang direkomendasikan karena tidak seperti Siladen yang memiliki warna air laut yang jernih dan dangkal.

  1. Tembok Lekuan

Selain Tanjung Kopi terdapat satu spot diving yang dijadikan titik selam andalan dan kesukaan karena memiliki view yang indah yaitu Tembok Lekuan yang masih berada pada area tempat wisata di Bunaken Sulawesi ini.

Tembok lekuan ini merupakan titik menyelam dengan pemandangan sebuah tembok dengan ukuran yang cukup panjang dimana terbagi menjadi beberapa tempat dengan penamaan berbeda yaitu Tembok Lekuan I, II, dan III.

Anda dapat menyaksikan dinding-dinding curam yang mengerikan namun juga memberikan kesan menyenangkan. Selain itu hal paling menarik dari Tembok Lekuan adalah terdapatnya kipas angin laut yang sulit ditemukan di titik selam yang lain, selain itu juga terdapat spons raksasa yang akan membuat Anda lebih takjub lagi. Nah untuk habitat ikan yang hidup di titik selam yang ini diantaranya adalah ikan kakak tua besar dan juga beberapa penyu laut.

Nah di atas adalah beberapa titik selam yang ada pada tempat wisata di Bunaken Sulawesi yang dapat Anda explore satu persatu untuk mendapatkan tempat selam favorit dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa. Taman Nasional Bunaken memang sudah dari dulu terkenal hingga mengundang wisatawan internasional untuk datang menyelam dan bermain bersama para biota laut disana.

Lalu tunggu apalagi, segera persiapkan segala kebutuhan Anda selama liburan dan ajaklah beberapa teman, pasangan ataupun keluarga Anda untuk liburan bareng ke tempat wisata di Bunaken Sulawesi yang dijamin akan membuat Anda terkesima dengan segala kekayaan bahari yang dimiliki negara ini. Anda juga tidak perlu takut jika tidak memiliki pengalaman dalam olahraga air karena akan ada guide yang akan menemani Anda dalam melakukan aktivitas di air. Jadi, selamat liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Paket ? Chat Kami