Pesona Tempat Wisata Di Bali Utara yang Sangat Instagramable

Air Panas Banjar Bali Utara

Pesona Tempat Wisata Di Bali Utara yang Sangat Instagramable

Pergi wisata ke Bali memang tidak ada habisnya, pasalnya Bali merupakan kepingan surga yang jatuh dan layak untuk di explore lebih banyak lagi. Jika Anda sedang berada di Pulau Bali maka tak ada salahnya jika Anda berpetualang menuju tempat wisata di Bali Utara yang terkenal akan keindahannya. Nah untuk objek wisata Bali utara sebagian besar terletak di kawasan kabupaten Buleleng dengan ibukota Singaraja.

Untuk akses perjalanan menuju Bali utara, Kota singaraja dari bandara Ngurah Rai, maka Anda akan menempuh waktu sekitar 2 jam 50 menit dengan jarak tempuh kurang lebih  94 km.  Mungkin itu juga yang menjadi penyebab banyak wisatawan yang enggan untuk pergi berlibur ke daerah kawasan Bali Utara, padahal banyak sekali jenis tempat wisata di Bali Utara ini yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

Kabupaten Buleleng kaya akan wisata danau dan jenis tempat wisata dengan suhu yang dingin, jika Anda penasaran yuk simak beberapa tempat wisata di Bali Utara yang wajib Anda kunjungi jika menginjakkan kaki di tanah Bali.

  1. Pantai Lovina

Pantai Lovina memang sudah terkenal banyak wisatawan lokal maupun mancanegara karena kondisi fisik pantai yang indah, Anda akan diajak melihat hamparan pantai dengan pasir hitam beserta banyak biota laut yang hidup dan beberapa jenis ikan tropis. Anda dapat melakukan aktivitas air seperti snorkling, diving karena ombaknya yang landai dan tenang.

Pantai Lovina Bali Indonesia
Image from Google

Selain itu yang membuat Pantai Lovina semakin keren adalah, Anda dapat melihat langsung habitat lumba-lumba. Ada ratusan lumba-lumba yang berenang tiap pagi hari jika Anda berhasil melihatnya. Memberikan sentuhan alam yang magis ketika menyaksikan sunrise dibarengi dengan lumba-lumba yang bebas bernyanyi dan melompat dengan riang.

  1. Air Terjun Singsing

Bosan dengan pantai, Anda dapat mlipir ke salah satu Air terjun yang ada di Singaraja yaitu Air Terjun Singsing. Air Terjun Singsing terletak tepat di Banjar Labuhan Haji Desa Temukus Kecamatan Banjar yang berjarak 13 km dari kota Singaraja.

Air Terjun Singsing Bali Utara
Image from Google

Jika Anda berkunjung pada saat musim kemarau, maka volume air di air terjun akan menurun, dengan warna air yang jernih nyatanya mampu membuat wisatawan banyak tersedot untuk mendatangi salah satu tempat wisata di Bali Utara ini. Selain itu jarak tempuh dengan pantai Lovina sangat dekat sehingga Anda dapat berjalan kaki.

Nah, tidak jauh dari air terjun Singsing ini, tidak jauh dari air terjun terdapat sebuah monumen Belanda. Sebuah monumen yang di bangun oleh kolonial Belanda demi menghormati gugurnya tentara Belanda pada saat perang Banjar. Namun pada 1956 monumen tersebut dihancurkan karena dinilai menghormati penjajah di negeri sendiri.

  1. Air Panas Banjar

Tentunya sangat mengasyikkan merendam tubuh yang capai ke dalam sumber air panas. Terdapat sebuah sumber air panas yang mengandung belerang yang menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata di Bali Utara.

Air Panas Banjar Bali Utara
Image from Google

Belerang dipercaya dapat menyembuhkan luka dan bagus untuk kulit sehingga banyak wisatawan yang datang untuk berobat ataupun merileksasikan dirinya dengan merendam diri dalam kubangan air panas.

Selain itu kolam air panas yang dilengkapi pancuran air setinggi 3,5 meter membuat para wisatawan semakin merasa seakan dipijit dengan hanya berdiri ataupun duduk di bawah pancuran air. Jika Anda sedang berada di Kabupaten Bali Utara, maka sangat disarankan untuk Anda sesekali mampir ke Air Panas Banjar.

  1. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan merupakan danau di kabupaten Bali Utara yang memiliki pesona tenang dan sunyi. Cocok sekali bagi Anda travellers yang menginginkan kontemplasi diri dengan suasana hening dan mengarungi danau sunyi dengan perahu kayu. Dengan pepohonan di sekitar menambah kesan asri danau Tamblingan.

Danau Tamblingan Bali
Image from Google
  1. Danau Buyan

Danau Buyan merupakan sebuah danau yang terletak di kawasan Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Danau Buyan merupakan danau tetangga dari danau Tamblingan, hanya berjarak kurang lebih 1 Km, terdapat sebuah kanal sempit yang menghubungkan kedua danau tersebut yang dinamakan oleh masyarakat sekitar yaitu Telaga Aya.

Danau Buyan Bali
Image from Google
  1. Danau Bratan

Jika Anda pernah ke bedugul pasti Anda juga tak asing lagi dengan danau keren yang satu ini. Danau Bratan terletak di kawasan Bedugul, desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, Bali. Jika dikuru dari pusat kota Denpasar, kurang lebih Anda harus menempuh jarak sekitar 55 km dari kota Denpasar.

Danau Bratan Bali
Image from Google

Danau Bratan ini termasuk dataran tinggi dan terletak di ketinggian ± 1240 m diatas permukaan laut sehingga daerah ini termasuk memiliki suhu yang dingin, yaitu kurang lebih 18° C pada malam hari dan ± 24° C pada siang hari.

anau Bratan adalah danau kedua yang terluas dan terbesar setelah danau Batur di Bali, Danau Bratan memiliki andil fungsi sangat penting sebagai sumber irigasi pada daerah yang berada di bagian tengah pulau Bali.

Selain itu, tentu Anda tidak asing lagi dengan pesona Pura Ulun di Danu Bratan yang merupakan icon gambar di lembaran rupiah 50 ribu keluaran tahun. Banyak sekali wisatawan yang mengunjungi Danau Bratan ini karena memang tak bisa dipungkiri memiliki pemandangan yang menakjubkan dan banyak spot foto yang sangat instagramable.

  1. Taman Ayun

Jika Anda menginginkan suasana liburan berada di sebuah taman yang asri, tempat wisata di Bali Utara ini adalah solusinya. Sebuah taman yang terletak di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali yang berupa kompleks pura yang besar. Jika dari Pusat Kota Denpasar Anda perlu menempuh jarak kurang lebih 18 km.

Taman Ayun Bali
Image from Google

Setibanya Anda menginjakkan kaki di Taman Ayun, Anda akan disambut dengan rerumputan hijau yang indah dan rapi, namun sayang tempat ini lumayan panas karena minimnya pohon yang tumbuh di sekitar. Banyak sekali burung-burung berkeliaran sekalian menyambut Anda dengan nyanyian indahnya, maka tak ada salahnya jika Anda menghabiskan beberapa waktu untuk berjalan mengitari Taman Ayun.

  1. Desa Munduk

Jika Anda membutuhkan tempat untuk kontemplasi dan lari dari penatnya gemerlap ibukota maka tempat kabur yang sesuai bagi Anda adalah Desa Munduk. Sebuah desa yang masih sangat asri yang terletak di Kecamatan Banjar, Kab. Buleleng kawasan Bali Utara.

Desa Munduk Bali
Image from Google

Desa Munduk terletak pada ketinggian 800 mdpl, sehingga tak heran suhunya berkisar antara 20-25 °C tiap harinya. Untuk menuju lokasi dari salah satu tempat wisata di Bali Utara ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari pusat kota Denpasar.

Sesampainya di sana Anda akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan dan juga undakan sawah yang membuat siapa saja yang melihatnya dapat merefresh otak dengan sebaik-baiknya.

Nah di atas adalah beberapa tempat wisata di Bali Utara yang dapat Anda jadikan referensi saat sedang berlibur di Pulau Dewata ini. Jangan lupa explore tempat-tempat indah lainnya bersama pasangan, keluarga maupun sahabat di libur panjang Anda, jadi selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *