Pesona Magis 5 Tempat Wisata di Raja Ampat Papua yang Memukau

Pulau Wayag Raja Ampat Papua

Image from Google

Pesona Magis 5 Tempat Wisata di Raja Ampat Papua yang Memukau

Mencoba berwisata ke Raja Ampat, Papua, kenapa tidak? Tentunya Anda tidak asing lagi dengan kepingan surga yang berada di Indonesia Timur ini.  Sebuah destinasi idaman para traveller yang terkenal akan keindahannya juga liburan yang perlu merogoh kocek yang tidak sedikit. Memang melakukan travelling dengan destinasi wisata yang lumayan jauh dari tempat tinggal Anda perlu membutuhkan persiapan matang, waktu extra dan juga budget yang bisa dikatakan tidak murah.

Jika Anda memang  berniat pergi travelling ke tempat wisata di Raja Ampat maka Anda juga perlu mengunjungi tempat wisata lainnya yang termasuk dalam tempat wisata di Raja Ampat. Nah khususnya bagi Anda yang hobby snorkling atau melakukan diving dan aktivitas air lainnya maka tempat wisata di Raja Ampat merupakan tempat wisata yang sangat cocok dengan Anda.

Raja Ampat memiliki pemandangan bawah laut yang luar biasa sehingga menjadikannya daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga tak ayal banyak orang mengidamkan berwisata di berbagai tempat wisata di Raja Ampat meskipun akses lokasi cukup sulit. Namun hal tersebut tentunya tak jadi masalah bagi Anda yang mengaku sebagai traveller nekat.

Nah, berikut ini adalah 5 tempat wisata di Raja Ampat yang membuat Anda betah dan tidak ingin segera kembali ke rumah, yuk simak!

 

  1. Pulau Wayag

Destinasi pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Pulau Wayag yang terkenal sebagai icon dari Raja Ampat. Tempat wisata di Raja Ampat yang satu ini menawarkan Anda sebuah bentang alam yang merupakan perpaduan air laut biru kehijauan dengan gugusan pulau karst kecil yang tumbuh menyerupai jamur dalam laut.

Pulau Wayag Raja Ampat Papua
Image from Google

Selain itu biota di dalam air laut yang berwarna indah jika terkena sinar matahari ini sangat beragam, mulai dari terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang berenang di dalamnya.

Untuk akses menuju Pulau Wayag dapat Anda mulai Dari Sorong yang merupakan  ibukota Papua Barat. Lalu selanjutnya Anda perlu menyiapkan budget untuk menyewa kapal dengan kisaran harga 9 Juta keatas dan Anda perlu menempuh waktu yang lumayan lama yaitu 5 jam perjalanan.

Meskipun harus merogoh kocek yang lumayan mencekik dompet dan waktu penyebrangan yang tidak sebentar, semua akan terbayar ketika Anda sampai di Pulau Wayag ini.

  1. Desa Arborek

Nah tempat wisata di Raja Ampat yang satu ini juga sangat direkomendasikan bagi Anda pecinta olahraga dan aktivitas air. Nah desa Arborek juga istimewa karena menjadi desa pelopor dalam pengembangan peraturan lokal tentang konservasi laut yang berbasis kemasyarakatan di antara 18 desa yang ada di Papua Barat.

Desa Arborek
Image From Google

Untuk menuju salah satu tempat wisata di Raja Ampat yang terletak tepat di Meos Mansar, Papua Barat ini dapat Anda mulai perjalanan dari Sorong. Sesampainya di Sorong Anda dapat naik speedboat dari  Pelabuhan perikanan Sorong ke Waisai yang notabenenya merupakan ibu kota kabupaten Raja Ampat.

Lalu dari Waisai Anda dapat melanjutkan perjalanan ke desa Arborek dengan menyewa longboat dengan menghabiskan waktu perjalanan kurang lebih dua jam perjalanan.

Sesampainya di Desa Arborek Anda tidak perlu takut akan tidur dimana alrena telah tersedia banyak sekali homestay, namun jika Anda ingin berhemat maka Anda juga dapat menawar pada masyarakat lokal untuk mengijinkan Anda bermalam di tempatnya.

Anda juga akan menjumpai banyak warga lokal yang membuat kerajinan tangan dari pandan laut. Nah selanjutnya Anda dapat mulai menawar untuk melakukan kegiatan snorkling pada homestay yang Anda tempati maupun jasa snorkling lain dari masyarakat lokal.

  1. Pantai Pasir Timbul Mansuar

Jika Anda mungkin bosan dengan tempat wisata di Raja Ampat yang mayoritas merupakan tempat untuk snorkling maupun diving Anda dapat mengunjungi tempat yang satu ini.

Sebuah tempat dengan hamparan pasir putih yang unikinya hanya muncul pada waktu tertentu seperti saat sedang surut. Pantai pasir timbul yang berada di Mansuar ini tentunya dapat Anda nikmati saat timing berkunjung Anda pas saat laut sedang surut.

Pantai Pasir Timbul Mansuar
Image from Google

Untuk akses menuju lokasi Anda dapat mulai perjalanan dari Pelabuhan Waisai lalu selanjutnya naik speedboat dengan menghabiskan waktu sekitar satu jam. Pantai Pasir Timbul Mansuar ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari spot foto liburan yang instagramabble.

  1. Pulau Misool

Pulau Misool merupakan satu dari empat pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat yang tentunya juga wajib ada di list perjalanan Anda. Bagaimana tidak? Bentang alam yang merupakan pulau terpencil dengan hamparan air laut yang bening dengan dikelilingi pasir putih dan juga pohon hutan tropis dan mangrove yang menambah kesan indah dan menenangkan hati.

Pulau Misool Raja Ampat
Image from Google

Untuk mencapai Pulau Misool dapat Anda mulai dari Sorong, Papua Barat. Anda dapat menyewa longboat mengingat tempat wisata di Raja Ampat ini memang didominasi oleh wisata perairan. Banyak sekali tawaran untuk Anda menggunakan jasa paket tour dengan tinggal sementara di atas perahu.

Namun Anda juga dapat menggunakan jasa tour dari resort tempat Anda menginap, biasanya mereka juga menyediakan jasa jemput pribadi menggunakan speedboat dari Bandara Sorong.

  1. Pulau Kri

Tak habis dengan keindahan perairannya maka Anda juga perlu berkunjung ke Pulau Kri yang merupakan pulau asri dengan air laut yang sangat bening sehingga Anda dapat menyaksikan ikan dan terumbu karang hanya dengan melihatnya dari atas permukaan laut.

Pulau Kri Raja Ampat
Image from Google

Di Pulau Kri ini Anda dapat berenang dengan para hiu dan ikan-ikan tanpa harus menyelam ke dalam laut.  Anda tak perlu khawatir mati kutu setelah berada di sana karena banyak sekali tempat penyewaan alat diving, selain itu juga tersedia banyak resort dan restoran yang menyediakan makanan enak dan khas untuk Anda.

Nah untuk liburan Anda lebih berkesan maka Anda juga perlu mencatat waktu terbaik yang dapat Anda pilih saat memutuskan akan mengunjungi Pulau Kri.  Anda dapat berkunjung pada bulan Oktober-April karena biasanya pada bulan Juni-Agustus gelombang laut cukup tinggi sehingga tidak direkomendasikan untuk Anda.

Untuk akses menuju Pulau Kri yang merupakan pulau yang berada di Yenbuba, Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Anda dapat memulai dari Sorong maupun Waisai. Anda hanya perlu menyewa speedboat dengan menghabiskan waktu kisaran 45 menit.

Di atas adalah 5 tempat wisata di Raja Ampat yang cukup direkomendasikan sebagai tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke kepingan surga di Papua ini. Selain itu karena Raja Ampat merupakan destinasi wisata yang membutuhkan budget yang dapat dibilang tak sedikit, maka akan lebih baik jika Anda mulai menyisihkan uang jajan Anda dan ajaklah kerabat, pasangan maupun teman kerja Anda untuk menghabiskan long holiday di Raja Ampat. Happy Holiday!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Paket ? Chat Kami