Indahnya Tempat Wisata Di Nusa Penida Yang Patut Anda Kunjungi

crystal-bay-nusa-penida.jpg

Indahnya Tempat Wisata Di Nusa Penida Yang Patut Anda Kunjungi

Saat ini wisata Nusa Penida menjadi salah satu destinasi favorit bagi para traveler. Banyak juga yang menjadikan salah satu kepulauan kecil yang ada di Bali ini sebagai tempat untuk menghabiskan masa liburan. Tak hanya itu, berbagai tempat wisata di Nusa Penida telah dikenal oleh wisatawan dari mancanegara. Hal ini dikarenakan wisata alamnya yang eksotis, mulai dari pantai hingga tebing-tebingnya.

Saking naik daunnya tempat wisata di Nusa Penida, banyak yang menjulukinya sebagai “Telur Emasnya Bali”. Beberapa tahun terakhir, Nusa Penida mulai dikunjungi dan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara terpesona dengan keindahan alamnya.

Lokasi Nusa Penida

Pulau Nusa Penida merupakan bagian dari kepulauan kecil di bagian Selatan Bali. Antara Nusa Penida dengan Bali dipisahkan oleh Selat Badung. Jadi, Anda perlu melakukan penyebrangan laut jika ingin menuju berbagai tempat wisata di Nusa Penida.

 
Sarana transportasi yang bisa Anda gunakan untuk menuju ke Pulau Nusa Penida diantaranya speed boat, sampan tradisional atau dikenal dengan nama jukung, dan Kapal Roro Nusa Jaya Abadi yang merupakan moda transportasi utama.

Ada tiga pulau utama yang menjadi bagian dari Nusa Penida, diantaranya Nusa Ceningan, Nusa Gede dan Nusa Lembongan-Jugutbatu. Nah, di Nusa Penida ada beberapa tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi karena keindahannya. Berikut ulasan lengkapnya.

Tempat wisata di Nusa Penida yang wajib Anda kunjungi

  1. Crystal Bay Beach

Sebelum dikenal dengan nama Crystal Bay, pantai ini memiliki nama Pantai Penida. Terdapat dua tanjung yang mengelilingi pantai Penida ini, selain itu ada pula bukit bebatuan yang menjulang dari dalam laut lepas dimana masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan nama Batu Jineng.

crystal-bay-nusa-penida.jpg
Image from bali-indonesia.com

Pantai Crystal Bay merupakan tempat wisata di Nusa Penida paling dicari oleh para wisatawan baik lokal maupun domestik. Pasalnya di pantai ini Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan snorkeling maupun diving, atau Anda juga bisa bebas berenang, berjemur, juga bermain bola pantai.

Satu lagi yang tidak kalah menarik dari pantai ini adalah Sunset Nusa Penida, letak pantai Crystal Bay ada di Banjar Penida, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, dan menghadap ke arah barat sehingga Anda bisa menikmati waktu matahari terbenam dengan panorama langit yang berwarna jingga.

  1. Pasih Uug

Pasih Uug adalah panorama alam yang sangat memukau, pada saat ini Pasih Uug merupakan tujuan wisata yang paling populer di Penida. Pasih Uug atau yang dikenal dengan sebutan Broken Beach ini adalah tebing bebatuan yang berbentuk melingkar di tepi laut. Diantara tebing tersebut terdapat sebuah lubang yang terlihat seperti terowongan dipermukaan air laut.

Pantai-Pasih-Uug-Nusa-Penida
Image from bali-indonesia.com

Diatas lubang ada seperti jembatan dari batu yang bisa Anda nikmati pemandangannya. Meskipun saat musim kemarau terlihat gersang, namun pada saat musim hujan akan tumbuh banyak rumput yang menjadikan bukit tersebut terlihat sangat hijau dan asri, tentu saja hal tersebut membuat panorama yang memanjakan mata.

Pasih Uug berada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, yang juga berdekatan dengan Angel’s Billabong.

  1. Angel’s Billabong

Apabila Anda  ingin berenang di air tawar yang mengalir langsung dari alam, Anda bisa mengunjungi destinasi tempat wisata di Nusa Penida yang satu ini. Sesuai namanya, Angel’s Billabong merupakan bidadarinya Pulau Nusa Penida, sebab pemandangan yang disuguhkan sungguh sangat cantik. Yaitu adanya lukisan bebatuan yang terbentuk secara alami.

Angel’s Billabong
Image From guide.baligolive.com

Sedangkan Billabong adalah kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki makna ujung dari sebuah sungai yang buntu. Arti kata tersebut selaras dengan tempatnya dimana di tempat itu merupakan muara terakhir sebuah sungai yang ada di Pulau Penida, sebelum air sungai sampai ke laut lepas, sungai tersebut lebih dulu bermuara di antara tebing batu yang tinggi.

Disini Anda bisa berenang sepuasnya di air tawar yang sangat jernih dengan dihiasi batu-batu karang berwarna hijau kuning serta pada dasar muara tersebut juga terdapat lubang-lubang yang terbentuk secara alami menyerupai kolam.

Lokasi wisata ini berada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Catatan, biasanya sewaktu gelombang air laut sedang besar Anda tidak dianjurkan untuk berenang, sebab bisa saja terseret air laut.

  1. Pantai Atuh

Pantai yang merupakan tempat wisata di Nusa Penida satu ini bisa dibilang pantai yang nyaman dan menyenangkan, sebab Pantai Atuh sendiri memiliki arus ombak yang tenang serta pasir putih yang cukup bagus untuk bersantai. Selain itu, Pantai Atuh juga memiliki panorama air laut berwarna biru jika dilihat dari atas tebing.

Pantai-Atuh-Nusa-Penida
Image from Google

Terletak di kawasan Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, bisa dibilang pantai ini adalah pantai yang tersembunyi karena memang untuk mencapai lokasi Anda harus menyusuri jalan setapak dengan medan datar dan agak sedikit curam kurang lebih 50 menit.

Meskipun perjalanannya sedikit melelahkan, namun jika Anda sampai di Pantai Atuh Anda akan terpesona melihat indahnya pantai yang terdapat pulau kecil bernama Batu Abah di ujung pantai. Disana Anda bisa menjumpai sebuah Pura untuk beribadah masyarakat sekitar, juga Anda bisa berkemah, berenang, snorkeling dan aktivitas menyenangkan lainnya.

  1. Goa Giri Putri

Tempat wisata di Nusa Penida yang satu ini merupakan Gua yang memiliki panjang sekitar 262 meter ini berada di Banjar Karangsari, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali. Berada diketinggian 150 meter di atas permukaan laut, gua ini memiliki keunikan pada pintunya yang sempit namun bagian dalamnya sangat luas.

Pura-Goa-Giri-Putri Nusa Penida
Image from Google

Anda bisa menjumpai sarang kelelawar, stalagtit, dan stalagmite yang indah. Goa Giri Putri juga merupakan gua tempat masyarakat sekitar mengadakan pemujaan terhadap Dewa Siwa yang konon menjadi pelindung manusia. Ada empat tempat persembahan, satu ada di bagian depan gua dan tiga tempat lagi ada di dalam.

Biasanya gua ini akan ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal pada Hari Raya Galungan dan hari Kuningan untuk sembahyang. Jika Anda berkunjung ke gua ini, Anda juga bisa melihat sumber mata air di bagian dalam yang dipercaya sebagai air suci dan dikeramatkan.

  1. Pulau Seribu

Jika Anda berkunjung ke Bali, Anda juga bisa menemukan tempat wisata di Nusa Penida yang sama seperti Pulau Seribu Raja Ampat Lombok, hanya saja di Banjar Pelilit, Nusa Penida, Bali ini diberi nama Pulau Seribu Raja Lima Nusa Penida.

Pulau Seribu Nusa Penida
Image from journeyera.com

Akses Pulau Seribu masih satu jalur dengan Pantai Atuh jika dari Banjar Pelilit. Saat ini di Pulau Seribu telah dibangun rumah pohon yang membuat Anda bisa menikmati spot pemandangan dari tempat yang lebih tinggi.

  1. Pura paluang

Pura yang satu ini menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi sebab Pura Paluang tidak seperti pura pada umumnya. Pura ini memiliki keunikan pada bentuk pelinggihnya. Selain letaknya yang berada diatas tebing dekat laut lepas dengan pemandangan eksotisnya, pura ini juga berbentuk unik yaitu menyerupai mobil.

Pura paluang Nusa Penida
Image from Google

Ada dua pelinggih yang berbentuk mobil, satu mobil VW Beatle, dan satunya berbentuk mobil Jimmy. Konon pura ini sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu, namun karena terbuat dari kayu yang semakin lama semakin lapuk, maka masyarakat beserta pemerintah sekitar melakukan pemugaran dengan bahan yang lebih tahan lama.

Pura Paluang juga dikenal dengan sebutan Pura Karang Dawa. Terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida.

Selain dari ketujuh destinasi diatas tentu masih banyak lagi tempat wisata di Nusa Penida  yang menarik untuk Anda kunjungi jika berlibur ke Nusa Penida Bali. Masih ada Tembeling Water Spring, Guyangan, Pantai Suwehan, Pantai Banah, Pantai Kelingking, jembatan Kuning Lembongan, Seganing Waterfall, dan banyak lagi. Obyek wisata tersebut merupakan kekayaan alam yang patut dijaga. Tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *