Berkunjung Ke Solo? 4 Kuliner Ini Tak Boleh Terlewatkan

Bagi pecinta kuliner, Solo menjadi salah satu daerah yang harus dikunjungi. Pasalnya, di kota budaya ini terdapat banyak sekali makanan yang sangat menggugah selera. Hal yang paling menarik adalah selain rasanya yang menggugah selera, komponen yang digunakan pun unik dan tak ketinggalan harganya yang bersahabat dengan dompet. Nah jika Anda sedang atau akan berkunjung ke Solo tak perlu bingung akan mencicipi kuliner apa, berikut ini ada sejumlah kuliner khas Solo yang harus Anda coba :

Berkunjung Ke Solo? 4 Kuliner Ini Tak Boleh Terlewatkan

Tengkleng

Salah satu makanan khas Solo yang paling terkenal adalah Tengkleng. Tengkleng ini hampir sama dengan gulai kambing, namun kuahnya lebih bening karena tidak menggunakan santan. Tengkleng ini berisi tulang-belulang kambing, sate usus, jeroan, otak dan organ kambing yang lainnya. Rasanya enak dan tidak membuat enek. Salah satu kedai Tengkleng paling enak dan menjadi favorit adalah Tengkleng Bu Edi di Jl Letjend Sutoyo (samping gapura pasar Klewer).

Nasi Liwet

Bagi traveler, nasi liwet tidak hanya bisa ditemukan di Solo. Namun di Bandung, tepatnya suku Sunda, pasti akan menemukan nasi yang satu ini. Nasi Liwet khas Solo ini pastinya akan berbeda dengan nasi liwet Sunda. Berasnya dimasak bersama kaldu ayam. Nasi liwet ini disajikan dengan sayur labu siam pedas, ayam suwir, telur pindah rebus, dan kumut. Untuk mendapatkannya, Anda bisa langsung mengunjungi Nasi Liwet Wongso Lemu Keprabon.

Selat Segar Solo

Selat Segar Solo merupakan perpaduan antara cita rasa Barat dan lokal. Selat Segar Solo ini menyerupai salad yang terdiri dari rebusan wortel, kentang, buncis, telur pindang, ada daging yang diiris tipis dan mayonaise. Bahan-bahan tersebut disiram kuah kecap encer. Warung Selat Mbak Lies di Serengan menjadi tempat yang menyediakan Selat Segar Solo enak.

Gudeg Ceker

Solo tak hanya memiliki makanan yang enak saja. Di kota ini Anda bisa menemukan makanan unik tapi tetap enak. Gudeg Ceker salah satu makanan khas Solo yang unik dan harus Anda coba. Ceker atau kaki ayam direbus dengan santan, sehingga dagingnya terasa lunak dan nikmat. Jika Anda penasaran dengan gudeg ceker, langsung saja mampir ke warung Gudeng Ceker Bu Kasno di Wolter Monginsidi Margoyudan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Paket ? Chat Kami