5 Jajanan Khas Lombok yang Wajib Diulik

Berkunjung ke Lombok, pastinya kita akan menemukan berbagai macam keindahan Alam yang mengagumkan. Tak hanya pemandangan alam, pesona pantai dan budaya Lombok pun selalu menjadi perhatian yang menarik untuk di ulik saat berkunjung ke Lombok.

Dari sisi kulinernya, Lombok memiliki kuliner dengan rasa yang khas dan akan membuat ketagihan. Nah selain kuliner, masih ada sisi unik lain yang wajib di ulik saat berkunjung ke Lombok yaitu jajanan atau makanan ringan khas Lombok. Untuk Anda yang akan berwisata ke Lombok, berikut ini ada beberapa jajanan atau makanan ringan yang tak boleh dilewatkan.

5 Jajanan Khas Lombok yang Wajib Diulik

Tumbek

Tumbek adalah salah satu jajanan khas Lombok berupa kue basah. Sekilas, makanan ini seperti lepet. Tumbek terbuat dari ketan yang dicampur dengan gula merah dan kelapa parut. Ketiga bahan tersebut dikukus hingga matang, setelah itu dibungkus menggunakan kulit tumbek yang berasal dari daun kelapa. Kemudian, dikukus kembali hingga daunnya layu. Makanan ini sangat mudah ditemukan di pedagang kue tradisional.

Kue Kerake

Kue Kerake ini termasuk ke dalam golongan makanan khas Lombok yang unik. Dilihat dari bentuk, kue ini menyerupai ‘pocong’. Meski bentuknya sedikit seram, namun rasanya manis dan legit saat di mulut. Jika disamakan, makanan ini menyerupai jenang dari Jawa.

Kue Tarek

Makanan ringan khas Lombok yang harus dicicipi adalah Kue Tarek. Kue Tarek ini memiliki nama lain Goro-Goro. Biasanya, kue ini banyak dijual saat bulan Ramadhan. Tapi tidak perlu khawatir, Anda bisa menemukan kue ini di toko oleh-oleh. Kue Tarek terbuat dari tepung beras dan santan kelapa. Teksturnya lebih renyah, karena ditambahkan kapur siri. Adonan ini akan digoreng hingga mekar seperti bunga.

Kue Keong

Kue ini memiliki bentuk fisik yang bulat dan bergerigi seperti keong. Kue ini dijual bebas di toko oleh-oleh, jadi Anda bisa mudah mendapatkan kue ini. Proses pembuatan kue ini pun tergolong sederhana dan bahan yang digunakan pun tidak terlalu banyak. Bahan yang digunakan di antaranya telur ayam, air, tepung terigu, gula pasir, dan mentega. Adonan dibentuk menggunakan sendok dan digoreng menggunakan minyak panas.

Tekel atau Kue Bantal

Tekel merupakan kue basah yang terbuat dari ketan, gula, garam, parutan kelapa dan buah pisang. Cara memasaknya yakni dikukus menggunakan janur. Makanan ini sangat mudah didapatkan saat Anda berkunjung ke Lombok. Teksturnya kenyal dan rasanya manis tapi tidak terlalu legit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Paket ? Chat Kami