1000 Kuliner Khas India yang Wajib Diburu di Chandni Chowk Old Delhi.

0

India menjadi salah satu negara terkenal dengan warisan kulinernya yang begitu kaya. Nah ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak traveler yang berkunjung ke tempat ini. Salah satu kawasan yang bisa dijadikan sebagai tempat berburu kuliner India adalah Pasar Chandni Chowk di Old Delhi.

Menurut informasi, pasar Chandni Chowk di Old Delhi menjadi pasar paling tua dan tersibuk di Delhi. Pasar ini dibangun abad ke-17 oleh Shah Jahan, yakni seorang raja yang beragama Islam. Di Jaman Dinasti Mughal, Chandi Chowk ini ditetapkan sebagai area komersial. Meski terbilang sudah berumur, pasar ini selalu memiliki hal unik yang bisa menarik banyak wisatawan.

Sekitar 1000 jenis kuliner bisa Anda temukan di pasar ini. Salah satu makanan yang terkenal di pasar ini adalah Chaat. Chaat ini merupakan potongan kentang dan roti yang digoreng kering. Setelah itu dibumbui aneka rempah dan disiram yogurt dan saus pedas India. Makanan  ini pun mudah ditemukan. Anda tinggal melipir ke Chaat Bhandar dan Papdi Chaat.

Jika sudah mencicipi Chaat Anda tinggal mencari camilan. Salah satu toko yang bisa dijelajahi adalah Ghantewala yang dibangun pada tahun 1790. Di toko ini Anda bisa menemukan samosa, Halwa (berupa makanan pembuka dengan cita rasa manis berbahan dasar tepung, gula, lelehan mentega, saffron, kacang almond, pistachio dan kismis).

Jika Anda masih merasa lapar, Chicken Tandoori atau Chicken Curry yang lezat bisa Anda lahap di tempat ini. Selain 2 menu tersebut, Anda bisa mencicipi menu lain seperti Rabdi Falooda, Shammi Kabab, Dal Makhni, Murgh Musallam, Pao Bhaji, Parantha, Mutton Korma, Aloo Tikki, Fruit Chaat, dan lainnya. Setelah penutup dan inti, pastinya ada makanan penutup. Kedai Jalebi Wala menyediakan aneka makanan penutup yang menggoda.

Saking lengkapnya, di pasar ini pun terdapat kedai es krim yang tentunya menjaul es krim khas India. Rasanya es krimnya meliputi Delima, Mangga, Mawar, bahkan ada beberapa rasa esk krim yang otentik seperti pista, kesar dan kewra.

Happy Travelling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *